Muda dan Mandiri Bersama Bank Mandiri

Lahir > sekolah > kuliah > kerja > nikah > punya anak > tua > mati

Begitulah siklus hidup kebanyakan orang pada umumnya. Kelihatannya sederhana, kita hanya perlu menuntaskan satu fase dan beranjak ke fase yang lain. Masalahnya, hidup tidak pernah sederhana. Kita tidak bisa hanya berpasrah pada nasib lalu berharap bisa hidup dengan slogan “muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga”. Hidup itu butuh direncanakan!

Masa depan yang cerah bisa kita capai melalui perencanaan keuangan yang baik dan matang, selain tentunya diiringi doa dan kerja keras (kalau cuma rencana tapi tidak ada eksekusinya mah sama saja bohong). Memang benar sih rezeki setiap makhluk itu telah diatur oleh Tuhan, tapi rezeki itu pun tidak begitu saja diturunkan dari langit kan? Rezeki itu harus diusahakan. Setelah didapat pun kita harus tahu bagaimana cara mengelolanya dengan baik. Bukankah memanfaatkan rezeki yang kita dapat dengan baik adalah salah satu bentuk syukur? Untuk itulah kita butuh yang namanya perencanaan keuangan.

Merencanakan keuangan sendiri sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Semakin dini semakin baik karena itu artinya kita punya waktu dan persiapan ekstra untuk mencapai target yang ingin kita capai di masa depan. Kita bisa memulai dengan bertanya ke diri kita sendiri pertanyaan-pertanyaan seperti: Kapan mau menikah? Mau punya berapa anak? Kapan target bisa memiliki rumah sendiri? Mau terus-terusan jadi karyawan atau mau jadi bos sendiri dengan berwirausaha? Mau pensiun di usia berapa? Dan sederet pertanyaan lain yang berhubungan dengan masa depan kita sendiri dan keluarga kita kelak.

Mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan sangat membantu kita memenuhi poin pertama dari beberapa checklist yang harus kita cermati dalam menyusun rencana keuangan berikut (sumber: http://rencanakeuangankeluarga1.wordpress.com/2012/10/23/rencana-keuangan/):

1. Tujuan Keuangan

Tujuan keuangan adalah hal yang paling dasar dalam menyusun rencana finansial. Memiliki tujuan akan sangat membantu kita dalam menentukan apa yang harus kita lakukan dan fokus terhadap hasil yang ingin kita capai.

2. Cermati Kartu Kredit

Tidak ada yang salah dengan memiliki kartu kredit. Yang salah adalah tidak menggunakannya dengan tepat dan bijaksana. Tagihan yang membengkak pastinya bisa membuat rencana keuangan kita berantakan, selain tentunya membuat hidup kita tidak tenteram akibat kejaran para debt collector.

3. Asuransi

Sebaik-baiknya kita merencanakan sesuatu, selalu saja ada kemungkinan tidak terduga yang tidak selalu bisa kita prediksi kapan dan bagaimana terjadinya. Saat hal tersebut terjadi, memiliki asuransi akan jadi antisipasi yang berguna.

4. Dana Darurat

Sama dengan asuransi, dana darurat membantu kita mengantisipasi kondisi-kondisi tertentu yang tidak kita duga sebelumnya.

5. Menabung

Menabung akan membantu kita mendapatkan kebutuhan atau keinginan jangka panjang kita tepat waktu. Selain menabung, tentu tidak ada salahnya mencoba berinvestasi.

6. Pensiun

Meskipun masih lama, mempersiapkan pensiun mulai dari sekarang tentu akan jauh lebih tidak merepotkan daripada memulainya dengan terlambat.

Dengan memenuhi checklist tersebut, sekarang kita bisa lebih bijaksana dalam mengelola keuangan kita dan membuat perencanaan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Yang jelas, apapun rencana keuangan yang kita buat, dukungan layanan perbankan yang andal mutlak kita butuhkan, karena urusan finansial memang tidak bisa dilepaskan dari dunia perbankan. Bank Mandiri sebagai salah satu bank ternama di Indonesia pun terus-menerus menyajikan keunggulan layanan perbankan yang akan sangat mendukung berbagai rencana finansial kita. Pokoknya, “Apapun keinginan Anda, Bank Mandiri saja.”

bank-mandiri-logo1

Ingin Berumah Tangga? Rencanakan Dulu.

Menikah dan berumah tangga adalah salah satu keputusan besar dalam hidup kita. Kita tidak boleh main-main karena ketika kita memutuskan untuk menikah berarti kita memutuskan untuk bertanggung jawab pula sepenuhnya terhadap suami/istri dan anak-anak kita kelak. Untuk itu rencana dan strategi keuangan yang matang diperlukan untuk membiayai pernikahan, pengeluaran rutin rumah tangga, biaya pendidikan anak, dsb.

Bank Mandiri membantu kita mempermudah merencanakan dan menjalankan keuangan rumah tangga dengan fasilitas Mandiri Kartu Kredit, Mandiri Tabungan dan Mandiri Tabungan Rencana. Mandiri Kartu Kredit dan Mandiri Tabungan yang dilengkapi Mandiri Debit sebagai kartu ATM sekaligus kartu debit dan berbagai fitur unggulan lain akan sangat memudahkan transaksi keuangan kita sehari-hari. Sementara itu, Mandiri Tabungan Rencana akan memastikan berbagai keinginan kita di masa depan dapat tercapai dengan baik dengan adanya setoran bulanan yang besarnya dapat kita atur sesuai kebutuhan dan juga perlindungan asuransi.

Selamat Tinggal “Pondok Mertua Indah”.

Istri cantik, pekerjaan mapan, mobil mewah, tapi kalau tinggal masih numpang mertua? Idih, malu dong. Rumah tinggal merupakan salah satu kebutuhan bagi pasangan muda sebagai bentuk kemandirian dari orang tua.

Bank Mandiri membantu menjawab kebutuhan tersebut dengan program pelayanan Mandiri KPR yang menawarkan fitur-fitur unggulan sesuai kebutuhan seperti Mandiri KPR Duo, Mandiri KPR Take Over, Mandiri KPR Top Up, Mandiri KPR Flexible, dan Mandiri KPR Angsuran Berjenjang. Berbagai keunggulan yang ditawarkan antara lain:

  • Suku bunga kompetitif.
  • Proses cepat dan mudah.
  • Uang muka ringan.
  • Jangka waktu fleksibel s.d 15 tahun.
  • Kerjasama dengan lebih dari 350 proyek developer di seluruh Indonesia dengan program-program yang menarik untuk pembelian rumah di proyek developer tersebut.

Sampai Kapan Mau Jadi Karyawan? Jadi Bos Dong.

Satu-satunya jalan untuk melepaskan diri dari status karyawan dan menjadi bos adalah dengan mulai berwirausaha (entrepreneurship). Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan berwirausaha, salah satunya adalah kebebasan yang lebih dalam mengatur keuangan –karena kita bosnya, kita sendiri yang menentukan gaji kita.

Bank Mandiri sendiri telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam mendukung semangat entrepreneuship di Indonesia melalui program Wirausaha Muda Mandiri yang merupakan apresiasi bagi para entrepreneur muda yang berprestasi di Indonesia.

Selain program tersebut, Bank Mandiri juga menyediakan berbagai macam fasilitas dan layanan yang memudahkan keinginan kita untuk mulai berwirausaha. Salah satunya adalah Mandiri KTA (Kredit Tanpa Agunan) adalah fasilitas dari Bank Mandiri yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan keinginan kita, termasuk bila mungkin ingin kita gunakan sebagai modal awal dalam memulai bisnis. Fasilitas ini dilengkapi berbagai kelebihan seperti cicilan ringan, tanpa agunan, limit kredit sampai dengan Rp 200 juta, jangka waktu kredit disediakan dalam 5 pilihan, serta perlindungan asuransi jiwa.

Selain itu Bank Mandiri juga memiliki fasilitas lain seperti Mandiri Tabungan Bisnis dan berbagai pilihan kredit pembiayaan usaha dan investasi yang bisa dipilih.

Naikkan Haji, Bahagiakan Orang Tua

Setelah kita sukses, jangan sampai sekalipun melupakan jasa kedua orang tua kita. Jangan sampai jadi Malin Kundang yang tidak tahu diri dan tidak mengakui ibunya sendiri setelah berhasil mencapai kesuksesan. Biar bagaimanapun, semua kesuksesan yang kita raih tentu tidak lepas dari peran serta kedua orang tua kita. Untuk itu kita sudah sepatutnya berterima kasih.

Bagi yang orang tuanya muslim dan belum berhaji, salah satu bentuk terima kasih yang bisa diberikan adalah dengan memberi mereka kesempatan untuk menjejakkan kaki di tanah suci dan memenuhi rukun Islam kelima. Tentu hal tersebut akan sangat membahagiakan mereka.

Agar keinginan tersebut dapat berjalan lancar, gunakan layanan Mandiri Tabungan Haji dari Bank Mandiri yang memberikan berbagai keuntungan dan kelebihan bagi para nasabah yang ingin mewujudkan mimpinya berziarah ke tanah suci Mekkah.

Jadi, Apapun Keinginan Anda, Bank Mandiri Saja!

5 responses to “Muda dan Mandiri Bersama Bank Mandiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s