Laporan Semesteran #1

Laporan semesteran adalah review singkat tentang mata kuliah di jurusan Arsitektur di kampus gue. Bagi para calon mahasiswa arsitektur di luar sana, semoga dengan artikel ini hasrat ke-kepo-an kalian bisa terpuaskan.

Perancangan Arsitektur 1 (6 sks)

Dari jumlah sks-nya aja udah kelihatan kalau mata kuliah (matkul) ini nggak bisa dibuat main-main. Inilah “juru kunci”-nya kuliah arsitektur. Yah, namanya perancangan memang sudah sewajarnya jadi matkul utama jurusan ini. Karena bobot dan tugasnya, umumnya, mahasiswa cuma ngambil satu kelas perancangan tiap semesternya. Cuma dalam segelintir kasus seorang mahasiswa berani (atau nekad) ngambil dua kelas perancangan dalam satu waktu. Konsekuensinya, potensi terenggutnya delapan belas minggu kebahagiaan lahir batin.

Perancangan Arsitektur (PA) 1 sendiri konon dulu belum diajarkan di semester satu, tapi di semester tiga. Waktu itu, untuk semester awal, mahasiswa dibekali kuliah Perancangan Rupa. Baru setelah ada perubahan kurikulum, PA 1 dimajukan ke semester satu menggantikan Perancangan Rupa. Muatannya kurang lebihsama seperti Perancangan Rupa, cuma sedikit disesuaikan. Jadi, fokus pembelajaran di mata kuliah ini kalau gue bilang bertujuan untuk melatih kepekaan estetis mahasiswa, baik untuk bentuk, warna, komposisi, pola, dsb.

Beberapa hasil prakarya gue di kelas PA 1

Sebenernya matkul ini nggak susah-susah amat. Bahkan, kalau dipikir-pikir lagi, kuliah ini cukup menyenangkan. Tugasnya aja kayak bikin prakarya. Yang bikin repot biasanya justru “efek kaget”akibat transisi dari masa SMA, yang notabene lebih bisa dibikin begajulan, menuju ke fase perkuliahan yang menuntut tanggung jawab sepenuhnya dari mahasiswa. Apalagi, sejak awal, matkul ini sudah menghajar mahasiswa habis-habisan dengan tugas-tugasnya yang datang bertubi-tubi. Dan, ya, kalau ada yang ngerasa salah jurusan masuk arsitektur, seringkali mata kuliah inilah penyebab utamanya.

Komunikasi Arsitektur (3 sks)

Minjem istilah ABG jaman sekarang, mata kuliah ini adalahapa yang sering disebut-sebut sebagai PHP (Pemberi Harapan Palsu). Ngelihat judulnya, apa yang kira-kira terlintas di pikiran lu tentang apa yang diajarkan di kelas ini? Teknik berbicara dan mempresentasikan desain kita ke klien atau semacamnya? Ha! Salah. Inti dari mata kuliah ini kalau gue bilang adalah menggambar karena memang katanya mata kuliah ini adalah hasil penggabungan dan pemampatan antara kelas Gambar Teknik dan Gambar Arsitektur.

Karena sesungguhnya arsitek itu berkomunikasi dengan gambar, maka, latihan menggambar freehand, perspektif, notasi grafik arsitektural, rendering, pengenalan penggunaan alat-alat gambar, dsb. adalah materi yang diajarkan di kelas ini. Ya, jauh banget dari teknik melatih pernapasan diafragma dalam berbicara atau cara menumbuhkan rasa percaya diri dan mengatasi demam panggung saat tampil di hadapan umum. PHP banget.

Mekanika Teknik (3 sks)

Mata kuliah yang pengajarnya kebanyakan diimpor dari jurusan Teknik Sipil ini mengajarkan perhitungan matematis dari struktur sebuah bangunan. Materinya sendiri sama kayak pelajaran fisika yang diajarkan waktu SMA, tapi lebih spesifik lagi mendalami tentang statika gaya, momen, dsb. yang berkaitan dengan struktur bangunan.

Mata kuliah ini juga diajarkan di Teknik Sipil. Bedanya, kalau di arsitektur matkul ini cuma diambil sekali, di sipil matkul ini bisa diambil sampai beberapa kali karena berlanjut. Jadi, mereka ada kelas Mektek 1, Mektek 2, dst. (gue nggak tahu berapa tepatnya). Wajar sih, karena ranahnya Teknik Sipil memang lebih ke solusi struktur sampai tingkat advance, sedangkan arsitektur lebih ke logika teknik dan konsep dasarnya.

Matematika Arsitektur (2 sks)

Konon, mata kuliah ini muncul karena dulunya, mahasiswa dari jurusan arsitektur rata-rata jeblok nilai kalkulusnya (Kalkulus sendiri termasuk mata kuliah UPMB), katanya sih begitu. Walhasil, dibukalah kelas Matematika Arsitektur ini yang dikelola oleh jurusan dan secara otomatis menghapuskan kelas Kalkulus dari daftar mata kuliah di jurusan arsitektur. Dosennya sih memang masih “pinjem” dari FMIPA, tapi kuliahnya diadakan di kampus jurusan arsitektur.

Materinya? Ya sama aja sebenernya kayak Kalkulus. fungsi, differensial, integral, determinan, dan sebagainya. Pokoknya bahasan matematika yang sampai sekarang pun gue masih belum begitu ngeh bakal diterapkan dimana di kehidupan nyata.

Agama Islam (2 sks)

Buat yang masih sekolah, jangan dikira kalau udah jadi mahasiswa nggak ada pelajaran beginian lagi ya. Pendidikan agama ini termasuk mata kuliah umum dan kelasnya dikelola oleh UPMB, jadi kelasnya gabung sama mahasiswa dari jurusan lain.Bahasannya?Ya standar pelajaran agama sih. Yang jelas lu nggak diajarin, misalnya, tips dan trik ampuh mengutil di minimarket atau bagaimana cara menilai kualitas wine yang baik di kelas ini.

Bedanya, kalau di ITS, ada yang namanya mentoring. Semacam kelompok belajar kecil dengan satu orang mentor (yang juga mahasiswa) sebagai pembimbingnya dan kegiatannya dilakukan sekali seminggu di luar jam kuliah. Isinya antara lain membaca Al-Quran bersama dan diskusi keagamaan. Konsep kayak gini udah pernah gue dapet waktu SMA, namanya Birama (Bimbingan Rohani Lima). Bedanya, mentoring di ITS ada ujiannya dan evaluasi kegiatan ini juga jadi salah satu poin penilaian juga untuk matkul Agama.

Bahasa Inggris (2 sks)

Sama kayak matkul agama, kelas Bahasa Inggris juga dikelola oleh UPMB. Pelajarannya cenderung ke reading, jadi lebih ke pemahaman teks, terutama yang berkaitan dengan ke-teknik-an (karena ITS memang sekolah teknik). Ada juga kelas laboratorium bahasa yang diadakan luar kuliah utama. Untuk kelas lab, mahasiswa bisa pilih sendiri jadwal dan anggota rombongannya. Materinya ya listening, yang jelas sesuatu yang lebih advance ketimbang “Hi, how are you?” | “I’m fine, thank you. What about you?”.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s