Abrasi #1 : Abduzeedo.com

So here it comes, Abrasi edisi pertama! Fiuh… setelah sekian lama sibuk berkelana mencari kitab suci ke Barat, akhirnya gue bisa penuhin janji untuk bikin postingan seri Ayo Berburu Inspirasi ini. Di edisi pertama ini, yang bakal gue bahas adalah:

Abduzeedo.com

Apaan tuh? *Jaja Miharja’s style* Sebagai anak gaul 2.0, lu harusnya udah tahu lah ya kalau dot com itu menandakan website. Tapi, website yang kayak gimana? Silahkan dibaca deskripsinya di sini.Awal mula gue tahu website ini sebenernya nggak sengaja. Ceritanya waktu gue dulu masih SMA, ada salah satu temen gue yang share link dari website ini di Facebook. Isinya waktu itu tentang desain perpustakaan yang unik & keren gitu. Merasa tertarik, gue klik deh link-nya. ‘Wuih, keren-keren!’ reaksi gue pas itu. Penasaran, gue coba buka halaman utamanya and I was like

rainbow puke, 9gag, rainbow, like, computer

inilah reaksi gue waktu itu

Gila, ini mah surga banget! Gue emang udah tertarik dengan dunia desain waktu itu, jadi  wajarlah gue ngerasa seneng banget bisa nemu Abduzeedo.com ini. Website ini bisa jadi semacam ajang cuci mata di internet gitu buat gue, tentunya selain website bokep. Hehehe… banyak banget inspirasi berupa karya-karya dari berbagai seniman ternama yang luar biasa kreatif dipajang di sini. Mulai dari arsitektur, illustrasi, poster, logo, web design, font & tipografi, video & animasi, packaging & branding design, fotografi, sampai urban art kayak graffiti dan mural semua ada. Mostly emang dalam bentuk digital art, tapi nggak jarang ada juga postingan yang nunjukin sketsa-sketsa, pensil ataupun tinta, lukisan minyak, dan sebagainya yang semuanya gokil banget bagusnya. Sejak saat itu, website ini selalu jadi jujugan gue tiap kali iseng browsing internet. Dan waktu gue mutusin untuk bikin Abrasi, yang pertama kali muncul di otak gue ya langsung website ini.

abduzeedo, inspiration source, design inspiration

halaman utama Abduzeedo.com

Kalau lagi mampir ke website ini, meskipun gue mahasiswa arsitektur, tetep aja gue banyak juga buka artikel-artikel lain. Motif gue sih sederhana. Selain emang suka sama berbagai bentuk visual art, seperti yang pernah gue bilang, gue berkeyakinan bahwa inspirasi itu bisa datang dari mana aja. Jadi, sah-sah aja buat gue liat-liat poster, illustrasi, foto, dan sebagainya yang ada di situ. Gue tetep bisa dapet inspirasi buat desain arsitektur kok, misalnya dari segi komposisi, warna, & karakter desain. Untuk bidang arsitektur sendiri ada dua rubrik utama yang disediain website ini, seri Beautiful Houses from Around The World & Architect Day. Gue sih lebih suka rubrik Architect Day karena seri Beautiful Houses menurut gue agak ‘biasa’. Architect Day sendiri adalah rubrik yang khusus menampilkan kumpulan karya dari arsitek atau biro desain tertentu, kebanyakan sudah dibangun tapi ada juga yang masih berupa konsep rancangan. Karya yang dipajang ya kerennya pastilah.abduzeedo, beautiful houses, screenshot, design, website

screenshot, abduzeedo, architect day, design, website, inspiration, architecture, inspirasi, arsitektur

Yang terpenting menurut gue, dari sini gue belajar bahwa arsitek yang sudah ‘besar’ itu selalu mempunyai ciri khas tertentu dalam gaya merancangnya. Meskipun fungsi bangunan & tema desain yang ditampilkan berbeda-beda, selalu aja ada sesuatu yang jadi benang merah antara objek-objek yang berlainan tadi. Jadi, kalau pengin jadi arsitek yang besar, kita harus bisa menggali ciri khas kita sendiri yang nantinya jadi semacam signature dalam setiap karya rancang kita. Kesimpulan gue sih kayak gitu.

Selain stok inspirasi yang bejibun, Abduzeedo.com juga rajin bagi-bagi ilmu dalam bentuk tutorial beberapa software desain kayak Photoshop, Illustrator, Pixelmator, dan Fireworks. Nggak ketinggalan ada juga freebies berupa design source yang dikemas dalam rubrik khusus Tuesday Total Textures & Friday Fresh Free Fonts.

screenshot, abduzeedo, friday fresh free fonts, website, design

screenshot, abduzeedo, tuesday total textures, website, design, photoshop textures

Sharing atau berbagi emang jadi gagasan utama dari website ini, berbagi sumber inspirasi & berbagi ilmu. Bahkan, pemikiran pengelola website ini tentang pentingnya berbagi sempat dituangkan khusus dalam sebuah artikel yang bisa lu baca di sini. Eh, lu kalau mau juga ikutan bagi ilmu dan berkontribusi buat website ini juga bisa lho. Website ini emang membuka fasilitas untuk terciptanya sebuah komunitas desain terbuka yang pastinya memberikan manfaat buat anggotanya. Maknyus kan?

Overall, buat lu yang butuh asupan inspirasi atau sekedar pecinta seni digital, website ini  sangat-sangatlah gue rekomendasiin.(*)

One response to “Abrasi #1 : Abduzeedo.com

  1. Ping-balik: Abrasi #2 : Contemporist.com | Catatan Seorang Mahasiswa Arsitektur·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s