Ayo Berburu Inspirasi!!

light bulb, bohlam, bola lampu, memegang lampu, bola lampu inspirasi, inspiration bulb

Nyambung dari postingan gue sebelumnya tentang inspirasi yang musti dicari, sekarang gue mau ajakin lu semua berburu inspirasi.  Yah, agak kurang pas juga sih kalau gue sebut berburu karena gue meyakini kalau yang namanya inspirasi itu sebenernya ada dimana aja, seriously. Semua yang ada di sekeliling kita adalah sumber inspirasi.

Nah, kalau emang begitu, kok masih banyak ya orang yang kesusahan dapet inspirasi? Menurut gue sih karena nggak tau kuncinya aja. Terus apa dong kuncinya? Buat gue sederhana aja sih. Niatan. Bukan lantas kalau lu mau dapet inspirasi trus lu ambil air wudhu dan berdoa nawaitu insfirasitu dan seterusnya, bukan… tapi ya sekedar lu tetapin fokus dan tujuan lu buat nyari inspirasi aja.

Pengalaman gue pribadi sih, niatan itu emang penting banget. Gue pernah sekali waktu pergi ke perpustakaan buat liat-liat majalah seputaran arsitektur gitu. Karena niatnya cuma liat-liat, ya dari awal sampe selesai gue baca semua halaman ya gue cuma “Hmm… keren-keren ya objeknya” sambil manggut-manggut. That’s all, nggak ada muncul sama sekali ide desain brilian dan semacamnya. Beberapa hari kemudian, gue balik lagi ke perpus, kali ini dengan tujuan yang berbeda. Deadline tugas udah mepet banget dan gue masih blank sama sekali soal ide desain. Walhasil, apa yang gue lakuin waktu itu niatannya emang khusus buat nyari inspirasi.

Nah, karena niatnya beda, hasilnya pun beda juga ternyata. Kalau sebelumnya gue cuma asal bolak-balik halaman aja liatin gambar-gambar sekilas dua kilas, kali berikutnya gue perhatiin lebih detail lagi masing-masing gambar, gue perhatiin hal-hal yang sebelumnya gue asal lewatin, bahkan gue baca pula caption plus artikel yang ada. Gue emang udah niatin dari awal pengin dapet sesuatu dari situ. And guess what, I did get it. Padahal majalah yang waktu itu gue baca ya sama aja dengan yang beberapa hari sebelumnya, tapi kalau yang kemarin gue cuma dapet manggut-manggut, yang berikutnya ini gue dapet inspirasi bejibun banget. Mulai dari inspirasi bentukan, material, sampai karakter objek semua gue dapet.

inspiration, laptop, looking at laptop, surprised

Inspirasi itu ada dimana aja brur. Paling gampang ya cari di internet. Yang penting lu niatin nyarinya.

Contoh lain misalnya kalau lu jalan-jalan, di mana aja. Kalau lu cuma jalan-jalan biasa, ya lu cuma bakalan liat-liat doang sambil lalu kan. Kalaupun ada yang keren, paling lu simak agak lama trus manggut-manggut. Misalnya lu jalan, di komplek perumahan lu aja, mungkin lu udah biasa gitu ya ngeliatin rumah-rumah tetangga, palingan lu apal warna pagernya, atau yang punya rumah ini orangnya baik, yang punya rumah itu anjingnya galak, yang di ujung gang sono anak ceweknya bening, kalau pagi suka nyiram taneman, hal-hal kayak begitu kan? Tapi lu kalau tujuan lu bener pengin dapet inspirasi, lu bakalan merhatiin bukan lagi cuma warna pagernya, tapi detail pagernya, komposisi dan jenis-jenis taneman yang ada di taman depan, elemen fasade yang menurut lu unik, atau material-material yang menurut lu keren, apapunlah yang bisa jadi sumber inspirasi yang mungkin sebelumnya nggak gitu lu perhatiin. Semua itu karena lu udah niat dari awal. Jadi, gue ulangi sekali lagi, kalau lu mau berburu inspirasi, niatin dulu bener-bener. Pasti dapet deh, inspirasi lho ada di mana aja.

Dan juga jangan pernah membatasi sumber inspirasi. Maksud gue, bukan berarti lu mahasiswa arsitektur lantas yang bisa lo jadiin sumber inspirasi ya cuma objek-objek arsitektur doang. Buat gue, objek-objek nonarsitektural kadang justru bisa ngasih inspirasi yang tak terduga. Be open-minded lah. Dengan gitu pasti lebih gampang nangkep inspirasi.

Udah gue beber ya trik-trik berburu inspirasi. Gimana sekarang sodara-sodara? Gampang kan nyari inspirasi? Hah, masih susah? Yakin? Okelah, kalau gitu lu pantengin terus blog ini deh karena selanjutnya gue bakal bikin postingan berseri Ayo Berburu Inspirasi alias Abrasi yang isinya source-source inspirasi yang bisa banget buat lu jadiin referensi. Perkara nama, sebenernya gue penginnya sesuatu yang lebih arsitektural dan lebih keren ketimbang Abrasi sih, misalnya Zaha Hadid atau Le Corbusier gitu. Woooo…. itu kan orang plus namanya sama-sama keren gitu ya. Tapi problem juga sih kalau disuruh mikirin kepanjangannya. Jadi, sementara, Abrasi dulu bolehlah ya. Boleh juga kok kalau lu punya usulan yang lebih sip. Pokoknya, jangan lupa buat sering-sering mampirin blog ini ya. Temen-temennya diajakin boleh juga lho. Hehehehe…(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s