Jenis-jenis Pensil dan Penggunaannya

Sesuai janji gue sebelumnya, kali ini gue mau ngejelasin jenis-jenis pensil dan macem-macem penggunaannya. Mungkin selama ini kita beli pensil asal beli aja ya, asal bisa dipake nulis ya udah. Padahal pensil itu jenisnya ada banyak banget dan dibedain pake kode-kodean.

Biasanya masalah pensil begini banyak dibahas di buku-buku tentang cara gambar atau bikin sketsa gitu. Di buku-buku kayak gitu biasanya penjelasannya lebih lengkap. Cuman, yang gue bahas ini gue ambil dari buku Grafik Arsitektur karya Frank Ching. Nggak selengkap buku yang gue sebut tadi sih, tapi lumayanlah buat tahu-tahuan dikit.

Pensil Gambar

pensil tradisional

Gambar ini menunjukkan tangkai pensil tradisional. Karena pensil ini ukurannya relatif besar, maka jenis pensil ini dapat dipakai untuk membuat berbagai jenis garis yang ketebalannya bermacam-macam. Bagi mereka yang baru mulai, perlu belajar bagaimana caranya meruncingkan pensil ini sehingga mereka mahir menarik garis sambil agak memutar pensilnya menurut sumbu pensil.

cara menggambar dengan memutar pensil pada sumbunya

pensil mekanis

Pensil mekanis ini dilengkapi isi pensil yang bergaris tengah 0.5 mm dan tidak perlu diruncingkan lagi. Pensil semacam ini akan tetap tajam. Namun untuk membuat garis yang benar-benar halus dan tetap tegas, pensil ini harus diputar menurut sumbunya pada waktu menarik garis. Untuk garis yang relatif lebih tebal dan jelas, Anda harus menarik pensil Anda beberapa kali. Isi pensil semacam ini yang bergaris tengah 0.3 mm, 0.7 mm, dan 0.9 mm juga ada.

pensil batang kayu

Pensil biasa yang batangnya terbuat dari kayu dapat juga dipakai untuk membuat gambar teknik. Kayunya harus dikupas sepanjang 3/4″ sehingga isi pensilnya terbuka dan dapat diruncingkan seperti pensil tradisional.

Ketiga jenis pensil di atas dapat menghasilkan gambar yang sama bagusnya. Mana yang akan Anda pilih tergantung dari Anda sendiri maupun keterampilan Anda menggunakannya.

Isi Pensil

4H
- keras dan padat
- digunakan untuk menggambar rencana yang menuntut ketelitian tinggi
- tidak cocok untuk gambar yang firal
- tidak boleh ditekan terlau kuat sewaktu menggambar karena akan meninggalkan bekas di atas kertas dan sukar dihapus
- jika dipakai untuk meggambar di atas kertas kalkir, hasil cetak birunya tidak jelas

2H
- agak keras
- jenis yang paling keras yang bisa dipakai untuk gambar final
- sukar dihapus jika ditekan terlalu kuat

F dan H
- sedang
- cocok untuk segala keperluan
- dipakai untuk membuat rencana, gambar final, dan menulis

HB
- lunak
- dipakai untuk membuat garis dan tulisan yang besar/lebar dan jelas
- perlu kesabaran untuk membuat garis-garis yang halus
- mudah dihapus
- hasil cetak birunya cukup baik
- mudah luntur bila kena gesekan

Tingkat kerasnya isi pensil gambar tergantung dari:

1. Jenis isi pensil yang berkisar dari 9H (paling keras) sampai 6B (paling lunak).
2. Jenis dan sifat permukaan kertas (kasar atau halus); semakin kasar permukaannya, semakin keras pensil yang harus Anda pakai.
3. Permukaan meja/alas kertas gambar; semakin keras permukaannya, semakin terasa lunak pensil yang dipakai.
4. Kelembaban; kondisi udara yang mempunyai kelembaban yang tinggi cenderung memperkeras isi pensil.

Sumber: Grafik Arsitektur edisi ke-3, Frank Ching

About these ads

8 responses to “Jenis-jenis Pensil dan Penggunaannya

    • aduh, sayangnya sampai saat ini saya belum pernah belajar secara spesifik menggunakan rapido. hanya pakai pensil dan drawing pen. tapi mungkin kalau mas punya referensi atau pengalaman dengan rapido, boleh di-share. :)

  1. Ping-balik: Pensil; Jenis dan Cara Menggunakannya | MEtamorfosis SIA201108·

  2. kak saya mahasiswa baru arsitek, kira2 berapa prepare yang harus di siapkan untuk beli alat2nya,,, please tolong di balas ya kak,,,, aq juga bngung gymana cara awalnya,,, g punya bakat gambar??????????

    • wah, ane bukan perencana keuangan mbk broo kl tnya soal biaya. ya itu si tergantung bnyk hal jg sih. tapi amannya sih 200rb itu sdh aman deh kayaknya, tapi mungkin nanti ngak sebanyak itu juga kok. :)

  3. mas,,,mau nanya nih….kalo untuk menggambar ( lebih real
    ) dibutuhkan pensil/alat apa aj ya?
    karena saya cuma menggunakan pensil HB,2B,penghapus,penggaris,dan tissu
    kadang saya melihat orang memakai kuas (untuk menebarkan arsiran dari pencil,tapi aku g tau itu kuas apaan)….mohon masukannya agar gambar yang saya bikin lebih real mas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s