Pengertian Denah, Tampak, dan Potongan dalam Arsitektur

Artikel ini telah saya tulis ulang dan saya tambahkan beberapa keterangan yang lebih lengkap. Untuk membaca versi yang lebih lengkap silahkan buka artikelnya di Arsitek-tung! >> Pengetahuan Gambar Dalam Arsitektur

Semester satu kemaren, gue pernah dapet mata kuliah Komunikasi Arsitektur. Awalnya gue kira matkul ini bakal banyak ngobrolin tentang, misalnya, gimana cara berproses dengan klien, gimana cara mempresentasikan proyek, dsb. Namun, pada kenyataannya, media komunikasi yang dimaksud di sini ternyata berbeda. Sebagai seorang calon arsitek, kita jelas nggak banyak “berbicara” dengan kata, melainkan dengan gambar. Ya, gambar. Alhasil, sebagian besar jam matkul ini banyak diisi oleh kegiatan menggambar, termasuk berlatih menggambar berbagai garis secara freehand, mengarsir, dan juga mempelajari pedoman-pedoman grafik dalam arsitektur.

Salah satu tugas yang diberikan di awal masa perkuliahan adalah membuat buku yang berisi tentang definisi atau pengertian, fungsi, penjelasan, serta contoh dari gambar-gambar teknik sebuah bangunan seperti denah, lay out, site plan, tampak, serta potongan. Tugas ini dikerjain secara berkelompok. Tapi, pada waktu itu, karena masih belum tahu banyak, gue bersama tim pun kesulitan mencari referensi yang baik dan pas. Nah, kali ini, gue mencoba menuliskan kembali hasil catatan gue buat referensi yang mungkin dapet tugas serupa atau siapapun yang pengin belajar tentang bab ini. Selamat membaca!

Denah

gambar denah, denah rumah mediterania, denah dua lantai, gambar kerja denahDefinisi: Denah adalah tampak atas bangunan yang terpotong secara horizontal setinggi 1m dari ketinggian 0.00 sebuah bangunan dengan bagian atas bangunan dibuang/dihilangkan.

Fungsi denah antara lain untuk menunjukkan:

- fungsi ruang
– susunan ruang
– sirkulasi ruang
– dimensi ruang
– letak pintu dan bukaan
– isi ruang
– fungsi utilitas ruang (air, listrik, AC, dll.) pada denah-denah tertentu

Pada gambar denah presentasi, biasanya bagian dinding yang terpotong hanya diblok dengan warna hitam, sementara kolom diberi warna putih untuk pembedaan. Sedangkan, pada gambar teknik untuk pekerjaan lapangan, bagian yang terpotong tersebut perlu dilengkapi dengan notasi material sebagai pedoman pengerjaan.

Untuk ketebalan, bagian yang terpotong digambar dengan garis yang lebih tebal. Furnitur dalam ruangan, kecuali tingginya melebihi 1m dari level 0.00 yang ditentukan, digambar dengan garis yang lebih tipis.

Layout

Denah yang dilengkapi dengan lingkungan, jalan, dan bangunan di sekitarnya.

Kawasan

Layout yang luasnya melebihi kota/desa/wilayah.

Site Plan

Tampak atas bangunan yang dilegkapi dengan lingkungan sekitarnya.

Tampak

Definisi: Wujud bangunan secara dua dimensi yang terlihat dari luar bangunan.tampak depan, gambar tampak arsitektur, tampak depan rumah mediterania, tampak depan rumah dua lantai

Fungsi gambar tampak antara lain untuk menunjukkan:

- dimensi bangunan
– proporsi
– gaya arsitektur
– warna & material
– estetika

Karena digambar secara dua dimensi, pada gambar tampak kemungkinan akan ada beberapa bagian bangunan yang ukurannya menjadi tidak sesuai dengan ukuran yang sebenarnya (sesuai skala), yakni garis atau bidang yang tidak sejajar dengan bidang gambar. Untuk arah pandang sendiri tidak tergantung pada suatu patokan yang pasti. Bisa jadi gambar tampak dinamai sesuai dengan arah mata angin (tampak utara, tampak timur, dll.) atau dinamai sesuai view tertentu seperti tampak dari danau, tampak dari jalan raya, dsb. Selain itu bisa juga diberi nama tampak A, tampak B, dst. Sesuai keinginan dari sang arsitek yang ditentukan pada denah.

Potongan

gambar potongan, gambar kerja potongan, gambar potongan rumah dua lantaiGambar dari suatu bangunan yang dipotong vertikal pada sisi yang ditentukan (tertera pada denah) dan memperlihatkan isi atau bagian dalam bangunan tersebut.

Fungsi potongan untuk menunjukkan:

- Struktur bangunan
– Dimensi tinggi ruang

Untuk kriteria penggambaran, potongan kurang lebih sama dengan denah. Bagian yang terpotong digaris tebal dengan notasi material bila merupakan gambar kerja.

Ada juga yang disebut potongan ortogonal, yaitu gambar potongan yang berkesan tiga dimensi karena digambar dengan teknik gambar perspektif satu titik lenyap. Letak titiknya sendiri berada di tengah bangunan.

(*)

Untuk membaca penjelasan yang lebih lengkap mengenai definisi atau pengertian gambar denah, tampak, dan potongan, silahkan buka artikelnya di Arsitek-tung! >> Pengetahuan Gambar Dalam Arsitektur

About these ads

34 responses to “Pengertian Denah, Tampak, dan Potongan dalam Arsitektur

  1. gambar dilengkapi bung,, klo bisa ada gmbar tampak depan, belakng, samping kiri sm kanan, utk satu desain site plan rumah pribadi,,,

    salam kenal.

    ANTEK UNHALU_Civil’Engineering

    • sama aja dong mbk herlina caem. kalau satu tingkat berarti lebih mudah toh ya ngegambarnya, apalagi kalo konstruksinya sederhana. pokoknya jangan lupa tebel tipis garis sama notasi aja.

  2. Ping-balik: Gambar Ortografis – Tampak « tekomars04·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s